Tips hidup sehat ala RASULULLAH SAW

 ASSALAMUALAIKUM WR.WB




HAI semua... apa kabar? semoga sehat selalu dan berada dilindungan Allah SWT.  kali ini saya akan melanjutkan penulisan artikel tentang tips-tips hid sehat ala Rasulullah Saw (part 2). sebelumnya saya sudah membahas beberapa tips, bisa diintip lagi  di link berikut
  https://blogkerenasadullah.blogspot.com/2018/05/tips-tips-sehat-ala-rasulullah-saw-part.html
 
Berikut adalah kebiasaan-kebiasaan Rasulullah SAW yang saya kumpulkan dari beberapa referensi. Perilaku beliau bila kita praktikkan dalam kehidupan sekarang ini, insyaallah kita akan sehat secara menyeluruh, jasmani, jiwa, akal, dan rohani.
berikut tips-tipsnya:

6. selalu bersabar dan bersyukur
Gambar terkait

kombinasi antara sabar dan syukur ini membuat seorang mukmin menjadi manusia yang tangguh. dalam kondisi bagaimanapun, orang yang bersabar dan bersyukur selalu bisa mengambil pelajaran yang beharga. ya meskipun sabar ada batasannya, tetapi ketika bersabar dikombinasikan dengan keadaan selalu bersyukur, maka insyaallah masalah yang sedang menimpa akan terselesaikan dengan mudah. sehingga tidak ada peristiwa atau kejadian yang dialami yang berlalu begitu saja. tidak ada penglaman atau kejadian yang dia alami yang paling pahit sekalipun yang berlalu sia-sia. 

kalangan sufi mengatakan, "apabila kami mendapatkan nikmat atau kebaikan, kami bersabar. dan apabila kami mendapat musibah atau keburukan, kami bersyukur."
mengapa mereka berkata begitu? karena ketika mendapatkan nikmat, mereka khawatir tidak bisa menahan diri. mereka jadi gelap mata dan memburu kenikmatan duniawi , sehingga melupakan nikmat yang diberikan Allah. dan ketika mereka menjapatk musibah, mereka nbersyuku7r karena mungkin saja keburukan yang menimpa mereka adalah pertanda kasih dsayang allah pada mereka. atau mereka bersyukur karena mungkin saja ada manusia lain yang diberi ujian  lebih besar dan lebih berat dariu pada musibah mereka. wallahu a'lam.
 Rasulullah saw selalu berdoa:"ya Allah, jadikanlah aku orang yang pandai bersyukur(kepada-mu), jadikanlah aku orang yang pandai bersabar (menghadapi cobaan-mu).


7. hanya bicara yang baik-baik saja
Gambar terkait

belum pernah ada dalam sejarah manusia, seseorang yang seluruh kehidupannya terdokumentasikan dengan sangat baik dan rapi seperti halnya rasulullah saw. para nabi sebelum beliau dan para pemimpin dunia saat ini tidsk semua gerak-gerik dan kata-katanya di catat. tapi rasulullah saw, bahkan ''MUSUH'' beliau pun ikiut menjadi saksi atas semua tingkah laku beliau. hasilnya sangat luar biasa. dalam kurun waktu kurang lebih 23 tahun menjadi rasul, kata-kata yang keluar dari mulut beliau sangat sedikit. sehingga ketika dibukukukan oleh imam-imam ahli hadist hanya menjadi beberapa buku saja. kendati demikian, apa yang beliau katakan sangat efektif dan terukur. sehingga bisa menjadi rujukan dalam pengambilan dalil hukum maupun dalam bertingkah laku para pengikut beliau dimana pun berada dan kapanpun.

Rasulullah Saw bersabda''bertutur kata yang baik adalah sedekah". (HR.Bukhari dan muslim).
Rasulullah Saw juga mengingatkan umat beliau agar berkata yang baik-baiuk saja atau diam. diam sama sekali. karena diam adalah emas. sedangkan banyak bicara apalagi bicara ngalor-ngidul ytang tidak mencerdaskan, bisa mematikan (Potensi) hati. tapi diam yang beliau maksud sangat pada tempatnya. beliau diam tepat pada waktu beliau memang harus diam, dan ketika harus bicara, beliau bicara. bukan diam ketika seharusnya bicara, dan berbicara ketika seharusnya diam.

8. bangun tidak menjelang subuh

bangun pagi sangat menyehatkan. bukan hanya fisik, tapi juga jiwa dan ruhani. menjelang subuh beliau bangun untuk menegakkan qiyaumul lail, shalat malam. menjelang subuh adalah waktu yang paling baik, karena oksigen di udara sedang melimpah ruah. sehingga orang bangun saat itu mendapat asupan udara segar pertama, yang bisa meningkatkan vitalitas. selain iytu, bangun menjelang subuh berarti memberi kesempatan kepada tubuh kita untuk mendapatkan udara bersih. apalagi bagi kita yang tinggal di kota besar, yang tingkat polusinya sangat luar biasa karena banyaknya kendaraan bermotor. udara bersih dan segar yang kita hirup akan berimbas pada gairah untuk menyongsong hari dengan upaya dan ikhtiar yang lebih baik.

9. tidak mengkonsumsi makanan dan minuman yang membahayakan organ tubuh.


sebelum diangkat allah menjadi rasul, Nabi Muhammad saw sudah dikenal mempunyai akhlak yang baik dan terpuji. beliau tidak pernah sekalipun mencicipi minuman keras (khamir) yang saat itu sedang tren di kalangan kaum bangsawan dan para pemuda quraisy. 
mengonsumsi makanan dan minuman yang membahayakan atau bisa merusak organ tubuh kita adalah sebuah kebodohan. misalnya, mengonsumsi miniman beralkohol, bir, atau memakai jenis-jenis narkoba seperti sabu-sabu, ganja, heroin dan lain sebagainya. barang-banrang itu hanya menjanjikan kenikmatan sesaat, selebihnya adalah jebakan yang tidak berkesudahan. allah memperingatkan dengan keras "dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan." (QS. Al-Baqarah (2):195)

dalam wilayah agama, khamr atau minuman keras dikenal sebagai "nenek moyang kejahatan". karena dari seteguk khmr, bisa melahirkan kejahatan yang lebih besar. khamr berpotensi merusak otak dan sistem syaraf, mengakibatkan impotensi, mengganggu kerja jantung, dan meracuni hati. khamr juga bisa melemahkan gairah hidup, membuat emosi labil dan sering tak terkendali. jiwa menjadi rapuh. al-qur'an menyebut khamr sebagai kotoran (najis) yang harus dijauhi. rasulullah saw juga tidak makan makanan yang haram, misalnya daging babi. bagi banyak membawa mikro organisme yang sangat membahayakan tubuh manusia. babi juga terbukti terkena penyakit epidemis yang jumlahnya mencapai 450 jenis dan menjadi sarana penularan lebih dari 75 penyakit. 

kita tahu, negara kita sekarang bukan lagi tempat transit peredaran narkoba, melainkan sudah menjadi tujuan penjualan. indonesia adalah pasar potensial, surga bagi para bandar narkoba. lemahnya sistem hukum kita, dan mudahnya aparat penegak hukum diajak kongkalikong menjadi alasan mengapa indonesia menjadi tempat yang aman bagi para penjahat narkoba. setiap hari milyaran rupiah mengalir untuk transaksi narkoba. dan setiap har i puluhan nyawa melayang sia-sia akibat narkoba. setiap hari pula para pelaku, baik pengguna maupun pengedar ditangkap aparat keamanan, tapi peredaran narkoba semakin meluas bahkan sampai ke desa-desa terpencil. ini sangat memprihatinkan.

10. selalu menutup makanan dan minuman

Rasulullah Saw memang sangat luar biasa, itu tampak dari hampir semua persoalan manusia sudah disiapkan jawabannya, sampai ke soal makanan. beliau melarang wadah makanan dan minuman dibiarkan terbuka. tentu saja kita bisa dengan mudah mengerti maksudnya. kalau makanan atau minuman dibiarkan terbuka, dikhawatirkan kemasukan debu, dimakan tikus, terkena bakteri, mikroorganisme, jasad renik atau dihinggapi lalat, yang semuanya bisa menimbulkan penyakit. dengan tegas beliau bersabda: "tutuplah wadah-wadah makananmu dan ikatlah leher-leher kantung airmu. karena sesungguhnya ada satu malam dalam satu tahun di mana wabah datang dan tidak datang ke wadah-wadah yang tak tertutup kecuali dia (wabah itu) jatuh ke dalam nya (HR.Muslim)
memang lebih aman kalau kita menutup tempat makanan dan minuman kita. ini sebagai upaya pencegahan. bukankah mencegah lebih baik dari pada mengobati?

11. tidak tidur pada waktu yang dilarang

Hasil gambar untuk gambar manfaat tidur tidak di waktu yang dilarang

ada waktu-waktu yang umat islam dilarang tidur, walaupun larangan ini tidak sampai berarti haram. yakni setelah shalat subuh dan setelah shalat ashar. para ulama berusaha mencari sebab yang pasti dan ilmiah, mengapa kedua waktu tersebut ummat islam dilarang tidur oleh rasulullah saw. karena tidak mungkin rasulullah saw melarang ummat beliau melakukan sesuatu kalau tanpa sebab yang jelas. memang ada sebuah hadist yang menyatakan, bahwa tidur di waktu pagi menghalangi rezeki.

tidur setelah fajar memang bukan sebuah kebaikan, juga ketika menjelang senja. karena kedua waktu itu, konon, sedang terjadi pergantian udara yang ekstrem, dari gelap ke terang dan dari terng ke gelap. kalau kita melalui kedua waktu itu dengan aktivitas yang bersifat fisik atau pikir, itu lebih baik daripada tubuh dalam keadaan diam(tidur).
ummul mukminin, aisyah ra. berkata: "barangsiapa tidur di senja hari, maka dia akan gila." (HR.Abu Daud).
kalaupun kita tidak tahu alasannya, mengapa di kedua waktu itu rasulullah saw melarang kita tidur, maka mengikuti anjuran beliau dipandang lebih baik daripada berpayah-payah mencari sebab ilmiahnya.  


cukup sekian ya artikel ini.. masih banyak lagi kok tips-tips sehat ala Rasulullah Saw yang dapat kita terapkan.. mohon maaf apabila ada salah dalam bertutur kata dan dalam penulisan kata. pantengin terus my blog dan jangan lupa komentarnya ya..☺dan jika anda memiliki ide/ request silahkan komen atau email saya.
WASSALAMUALIKUM.WR.WB

Comments

Popular Posts