TIPS PENGURANG STRES



   Berbicara tentang kehidupan sehari-hari, tidaklah luput dari suka dan duka. Kadang duka yang menimpa kita, bisa membuat kita stres. Di era modern ini, banyak kita temui kasus bunuh diri akibat dari stres yang terlalu berlebihan.jadi apa sih harus kita lakukan supaya stress didalam pikiran kita tidak merajalela. Nah, berikut ini beberapa tips pengurang stress, antara lain :
1)   Coba kenang kembali saat-saat kamu berhasil mengatasi situasi yang sulit, orang yang sulit, ataupun keadaan yang sulit. Apa yang kamu lakukan pada saat itu? Apa yang kamu katakana ketika itu?. Kamu mungkin bisa menggunakan strategi itu lagi.
2)   Belajar bagaimana menangani stress tanpa menyinggung orang di sekitarmu. Jangan menyalahkan keuarga, teman atau guru walaupun kamu (salah) menyangka bahwa mereka adalah ‘penyebab’ stresmu.
3)   Carilah sandaran sesorang yang mau mendengarkan dan, jika kamu mau, seseorang yang menawarkan nasehat yang baik, jujur, penuh hormat, dapat dipercaya.
4)   Kembangkan dan pelihara rasa humormu. Tertawa adalah pengurang rasa stress yang hebat.
5)   Kumpulkan sebuah ‘perpustakaan’ teknik  pengurang stress. Jika satu cara tidak berhasil pada situasi tertentu, kamu dapat mencoba cara yang lainnya.
6)   Jangan menyerah. Menangani stress adalah keahlian yang dapat dipelajari dan satu usaha yang tanpa henti. Tak banyak dari kita diajari hal itu di sekolah. Kita belajar dari diri sendiri atau menemukan ‘guru’ di berbagai persimpangan hidup.
7)   Selalu ingat bahwa kamu tidak perlu menjalaninya sendiri. pada masa-masa stress terparah kamu sekalipun. Pasti ada aja seseorang yang bisa kamu mintai pertolongan. Contohnya :
·        Orang tua
·        Teman akrab
·        Orang dewasa yang mendukung
·        Tetangga yang ramah
·        Perpustakaan umum
·        Klinik remaja
·        Seorang penasehat
·        Pak ustad
8)   Sering-sering  menyibukkan diri untuk  melakukan kegiatan positif. Ketika ada waktu senggang, jangan biarkan waktu itu untuk memikirkan masalah yang membuat kita stress jadikan waktu itu untuk membaca atau bermain dengan anak-anak dan lain sebagainya.
9)   Dan terakhir luangkan waktu untuk beraktifitasa dan olah raga.

Comments

Popular Posts