Strategis lolos SNMPTN 2020

Assalamualaikum wr. wb

hai semuanya!! ketemu lagi dengan saya, si teman pena kalian...

langsung aja kali ya, kali ini saya akan memberi beberapa TIPS DAN TRIK lolos SNMPTN. sebelumnya, pastinya kalian tahu Snmptn itu apa sih?




SNMPTN (Seleksi Negeri Masuk Perguruan Tinggi Negeri) merupakan salah satu bentuk jalur seleksi bagi siswa siswi SMASMK/MA yang ingin melanjutkan pendididkan formal ke perguruan tinggi. sama seperti halnya ketika seorang anak akan masuk ke SMP/SMA, jalur Snmptn ini sama dengan lewat jalur undangan (rapot). siswa yang berprestasi tinggi dan konsisten di SMA/SMK/MA layak mendapatkan kesempatan untuk menjadi calon mahasiswa melalui seleksi ini. banyak artikel yang menyebutkan mekanis dan syarat untuk mengikuti jalur seleksi ini, tetapi kali ini saya lebih fokus untuk membahas Tips dan Trik agar lolos dalam seleksi ini.

Berikut adalah 2 keadaan yang dapat di persiapkan untuk mengikuti jalur ini, antara lain:
1. ketika masuk pada kelas 1 SMA/SMK/MA
2. ketika memasuki kelas 3 SMA/SMK/MA

KETIKA SEMESTER 1 KELAS 1 SMA/SMK/MA.
mengapa kita harus mempersiapkan dari jauh jauh-jauh hari? semakin matang persiapan, semakin besar kemungkinan keberhasilan terjadi. menurut pengalaman sendiri, saya merupakan salah satu siswa yang tidak mempersiapkan sejauh ini. dan saya merasa sedikit rugi tidak mempersiapkan dari jauh. seperti pepatah mengatakan, bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian. di masa ini merupakan dimana keadaannya penuh akan hal-hal untuk Beradaptasi. mulai dari beradaptasi dengan teman, guru, lingkungan sekolah. oleh karena itu berikut tips dan trik yang harus dipersiapkan, antara lain :

1. Meminta ridho tuhan dan meminta restu orang tua.

Libatkan tuhan dalam setiap kegiatan kita. Maka akan dilancarkan apapun yang kita lakukan. Mintalah restu orang tua dan berbuat baik dengan beliau agar diberikan kemudahan dalam menuntut ilmu. Karena ridho orang tua juga ridho Allah Swt.

2. kenali lingkungan sekitar Anda.

jika anda mengetahui seperti apa keadaan lingkungan sekolah anda, anda akan mengetahui langkah apa yang akan dilakukan untuk mengatasi keadaan lingkungan tersebut. contohnya, lingkungan kelas anda termasuk kelas yang unggul. yang dimana semua muridnya selalu aktif dalam bertanya maupun mengemukakan pendapat. nah, strategis yang dapat anda lakukan adalah anda harus tetap ikut aktif seperti anak anak lainnya, namun lebih sering-seringlah untuk mengemukakan pendapat jika guru bertanya. lalu anda harus lebih fokus untuk mengejar target agar di setiap nilai ulangan harian, tengah semester ataupun akhir semester selalu mendapatkan nilai diatas 80. kalau bisa setiap latihan atau tugas mendapatkan nilai yang pas dengan rata-rata nilai pada umumnya. kalau bisa dapatkan nilai yang relatif naik. 

3.  Menjalin hubungan yang erat terhadap guru dengan ber-akhlak yang baik

Semakin baik hubungan murid dengan guru, semakin baik juga nilai yang didapat. Menurut pengalaman di SMA, murid yang rangking dibawah bahkan nilainya tidak mencapai rata rata saat ujian, nilai nya bisa tertolong dengan akhlak nya yang baik terhadap guru. Karena zaman sekarang akhlak yang baik adalah tuntutan dan kewajiban yang harus di junjung tinggi. Orang pintar tidak ber akhlak ilmunya akan sia sia. Jika orang yang biasa aja bahkan dibawah rata-rata tetapi akhlaknya sangat baik maka ilmunya juga akan terdorong lebih baik. Tetapi yang lebih bagus menjadi strategis oleh setiap anak jika akhlaknya baik dan intelektualnya di atas rata-rata.


4. Perbanyak dalam berteman dan baik baiklah dalam berteman.


Semakin banyak teman anda, semakin banyak ilmu yang anda dapatkan. Pernyataan tersebut bukan berarti anda berteman hanya mengambil ilmunya saja, tetapi dibalik pernyataan tersebut mengandung arti yang berbeda. Di saat anda banyak teman, merekalah yang akan membantu jika anda bingung dalam mengerjakan tugas, dengan banyaknya teman anda dapat meniru pengalaman teman anda yang baik, teman sebagai tempat saling belajar dan berdiskusi mengenai apapun itu termasuk mengenai pelajaran sekolah, serta mereka dapat mensuport anda menuju kesuksessan anda. Jika teman anda semakin banyak, secara langsung anda dapat bertanya dan menjadi acuan anda dalam memilih jurusan dan universitas yang akan anda pilih. Hal ini juga menjadi strategis ketika anda ingin mengikuti SNMPTN ini.


5. Usahakan mendapatkan nilai yang tidak terlalu tinggi. 


Dari semester awal ini, usahakan anda mendapatkan nilai yang tidak terlalu tinggi namun di atas rata-rata. Supaya di semester berikutnya anda dapat meningkatkan nilai tersebut. Tetapi jika di semester awal ini anda memang menyadari kemampuan anda di atas rata rata,  maka mendapatkan nilai tinggi adalah target anda yang harus dicapai dan harus anda pertahankan sampai di semester terakhir. Sehingga peluang lolos SNMPTN nya akan lebih besar. 


Kelima strategis tersebut dapat anda lakukan ketika anda masih di semester awal (1).

Lalu bagaimana jika anda sudah semester akhir tetapi belum melakukan salah satu strategis di atas?
dan bagaimana jika kita memulainya KETIKA MEMASUKI KELAS 3 SMA/MA.
Oleh karena itu, berikut tips dan trik agar lolos SNMPTN dari semester akhir, antara lain:

1. Periksa nilai anda.

Periksalah nilai raport anda, apakah termasuk nilai yang konsisten di atas rata rata, atau nilai anda yang selalu meningkat di setiap semesternya, atau bahkan nilai anda tergolong nilai yang naik turun. Menurut pengalaman saya
Jika nilai anda di atas rata-rata tetapi tidak pernah naik, maka peluang anda 50 % lolos dengan beberapa pertimbangan lainnya (seperti letak universitas yang masih dalam satu daerah, jurusan yang dipilih sesuai dengan nilai yang didapet, dan lain sebagainya). jika nilai anda

2. Sering sering melihat universitas dan rata-rata nilai yang diterima dalam universitas tersebut.

Sering-seringlah mengunjungi laman universitas sebagai referensi di media sosial. Hal ini dapat Sebagai acuan anda dalam memilih universitas  dan jurusan anda serta menjadi acuan peluang anda agar dapat lolos SNMPTN. lalu tentukan anda dapat memilih universitas dan jurusannya yang sesuai dengan nilai Anda.

3. Mencari informasi dengan kaka tingkat yang diterima di PTN melalui seleksi ini.

Semakin banyak kaka tingkat anda yang di terima di PTN A, maka semakin besar peluang anda dapat lolos di PTN tersebut. kemudian sering-seringlah bertanya kaka tingkat yang lolos dalam seleksi melalui guru-guru di sekolah. setelah itu anda bisa bertanya tips dan trik agar lolos dalam seleksi ini. dengan bertanya kepada guru mengenai kaka tingkat, bisa anda jadikan acuan dalam memilih jurusan dan Universitas-nya. tetapi jika anda memilih PTN yang tidak ada katingnya, boleh saja dan semoga anda menjadi kaka tingkat pertama yang lolos di Univeritas tersebut bagi adek-adek kelas anda.

4. Sering-sering konsultasi kepada orang tua dan guru-guru.


ketika anda dihadapkan oleh plihan yang membingungkan, pertama anda libatkan Allah, kmudian sering berdiskusi tentang PTN yang akan anda pilih, lalu juga konsulkan ke guru BK anda apakah dari segi nilai saya dapat lolos atau tidak lolos dalam seleksi ini. 

5. Berpegang teguh terhadap pilihan anda. 

jika anda sudah yakin dan sudah berkonsultasi, tetapkan pilihan anda ketika seleksi ini. jangan sampai terpengaruh apapun perkataan teman anda yang membuat anda bingung dan membuat keputusan yang salah. Ada teman yang mempengaruhi anda untuk tidak masuk PTN tersebut karena teman anda tersebut juga ingin masuk ke PTN tersebut. 


6. Berdoa, optimis, dan serahkan semua pilihan kepada tuhan.


setelah anda melakukan semuanya dengan maksimal, kita tinggal serahkan semuanya kepada Allah Swt. jika kita lolos, berarti Allah masih memberikan kita kesempatan untuk bisa masuk PTN dengan tanpa tes, tetapi jika tidak lolos maka Allah masih ingin melihat usaha kita. jangan pernah menyerah dan tetap bersemangat.


Tips dan Trik diatas merupakan pengalaman yang saya lakukan ketika saya duduk di SMA dan ingin melanjutkan ke PTN. saya bukan tergolong orang yang sangat pintar, dan saya Alhamdulillah termasuk orang yang biasa-biasa aja yang diberikan kesempatan oleh Allah yang dapat lolos dalam seleksi ini. 


pesan saya : 

USAHA, BERDOA, DAN TAWAKKAL ADALAH KUNCI DARI SEMUANYA
JANGAN PERNAH MINDER, DAN COBALAH SELAGI MASIH ADA KESEMPATAN  
"TUJUAN ANDA SEKOLAH ADALAH UNTUK ALLAH SWT DAN UNTUK ORANG TUA"

"JANGAN PERNAH BERNIAT INGIN MENGALAHKAN TEMAN ANDA, TETAPI LAKUKAN YANG TERBAIK YANG ANDA PUNYA"

JIKA ANDA GAGAL DALAM SELEKSI INI, JANGAN PERNAH PUTUS ASA. KARENA DI BALIK INI PASTI ADA YANG LEBIH BAIK YANG ALLAH SIAPAKAN UNTUK ANDA
"GAGAL DALAM SELESI INI, TERUSLAH BERJUANG DI SELEKSI LAINNYA".

Terima kasih atas kunjungan anda, jika ada yang pertanyaan boleh komen di kolom komentar atau di email saya. mohon maaf jika ada tulisan atau bahasa yang salah selama penyampaian dan selamat berjumpa di artikel selanjutnya.
 semoga bermanfaat😊💪
Wassalamualaikum Wr. Wb


Comments

Popular Posts